twitter

Sang Pemenang



Rencana Pemasaran
( Marketing Plan )

Ruang Lingkup Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
  1. Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar
  2.  Mengembangkan sasaran pemasaran
  3.  Menetapkan strategi pemasaran
  4.  Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan

Karakteristik dari suatu marketing plan yang baik harus memenuhi beberapa kriteria yaitu:
  • Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa target market, di mana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya
  • Bagaimana teknik promosi yang efektif
  • Bagaimana perubahan harga di pasar
  • Bagaimana saluran distribusi
  • Bagaimana keadaan saingan
  • Bagaimana S W O T dari perusahaan
  • Siapkan sumber – sumber yang diperlukan seperti: sumber daya manusia, keuangan,  fasilitas perawatan dan sebagainya.
 
Wirausaha Harus Melaksanakan Konsep Pemasaran
1)    Konsep Produksi ( Production Concept )
2)     Konsep Produk ( Product Concept )
3)     Konsep Penjualan ( Selling Concept )
4)     Konsep Pasar ( Marketing Concept )
5)     Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Societal Concept) Responsibility

Mengutamakan Pelanggan
Untuk memelihara langganan maka tentu saja langganan harus memperoleh kepuasan melalui nilai lebih yang diterimanya dibandingkan dengan uang yang dia keluarkan untuk memperoleh suatu barang. Kepuasan adalah rasa senang, lega atau kecewa pelanggan yang membangdingkan kesannya terhadap produk atau jasa yang dia beli dihubungkan dengan manfaat yang dia harapkan.

Tiga Komponen Marketing Concept
Ø  Customer need and wants .
Ø   Organizationally integrated marketing strategy .
Ø   Goal Achiement .
 
Tiga Pertanyaan Dalam Pemasaran
1)    How  ?
2)     Who ?
3)     How ?

Dalam Marketing kita kenal juga tiga pendekatan sebagai lanjutan dari jawaban tiga pertanyyan di atas
1)    Commodity Approach
2)     Institutional Approach
3)     Functional Approach 

Komoditi Apa Yang Anda Pasarkan
Ø  Barang Konsumsi
Ø   Barang Hasil Bumi
Ø   Barang Industri
Ø  Jasa

Siapa Yang Memasarkan
 Pemasaran barang dari produsen sampai konsumen ada beberapa cara:
v   Penyaluran langsung
v   Penyaluran semi langsung
v   Penyaluran tidak langsung

Bagaimana Memasarkan
Memasarkan melalui fungsi – fungsi yang terdapat dalam marketing. Adapun fungsi – fungsinya sebagai berikut :
ü   Fungsi yang melakukan pertukaran
ü   Fungsi yang melakukan kegiatan fisik barang
ü   Fungsi yang memberikan fasilitas atau kemudahan – kemudahan

Strategi Pemasaran
1)    Variabel yang dapat dikontrol.
2)     Variabel yang tidak dapat dikontrol.

Variabel Yang Dapat Dikontrol oleh Wirausaha, yaitu :
        Market Segmentation
        Market Budget
        Timing
        Marketing Mix

Variabel yang Tidak Dapat Dikontrol Pengusaha, yaitu :
        Keadaan Persaingan
        Perkembangan Teknologi
        Perubahan Demografi
        Kebijaksanaan Politik dan Ekonomi Pemerintah
        Sumber Daya Alam
         
Marketing Mix= Bauran Pemsaran 7 P
  1.  Product
  2.  Price
  3.  Place
  4.  Promotion
  5.  People
  6.  Physical Evidence
  7.  Process

Pengembangan Produk
v  Adanya Suatu Ide
v   Penyaringan Ide
v   Pengembangan Ide
v   Pembuatan Percobaan
v   Analisis Usaha
v   Percobaan Penjualan Di Pasar

Siklus Kehidupan Produk dan Strategi Pemasarannya
q  Tahap Introduksi ( introduction )
q   Tahap Pengembangan (  growth )
q   Tahap Kematangan ( maturity )
q   Tahap Menurun ( decline )
q   Tahap Ditinggalkan ( abandonment )

Marketing Intelegent
          Market Intelegent  ini termasuk dalam rangka pengumpulan informasi pemasaran. Artinya sistem intelejen pasar artinya seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh manajer untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan lingkungan pemasaran.

Turbo Marketing
          Turbo Marketing ini merupakan perkembangan terakhir dari gejala pemasaran yang menghendaki layanan tercepat buat konsumen. Kecepatan layanan merupakan tuntutan konsumen masa kini, sejalan dengan meningkatnya suasana globalisasi di segala bidang kehidupan, dan dunia makin transparan, tidak ada lagi batas antara negara – negara,waktu dari jam ke jam berjalan dengan cepat.

Mega Marketing
          Mega Marketing  adalah koordinasi yang strategi dari keahlian ekonomi, psikologi, politik, dan keahlian public relations untuk mendapatkan kerja sama dari berbagai pihak untuk memasuki suatu pasar tertentu.

Menyusun Marketing Plan
  • Analisa Situasi ( S. W. O. T )
  •  Tujuan Pemasaran ( Marketing Objectives )
  •  Strategi Inti ( Core Strategy )
  •  Jadual Pelaksanaan (  Action Plan )
  •  Anggaran Pemasaran ( Marketing Budget )
  •  Kontrol ( Control )

THANK YOU
GOOD BYE

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana arti pendidikan bagi anda?