twitter

Sang Pemenang



WELCOME TO ENTREPRENEURSHIP

Menjual, Kegiatan Dasar Wirausaha
Profesi Penjual
Gambaran seorang penjual profesional adalah sebagai berikut :
1.    Memiliki kemampuan menjual yg memuaskan
2.     Dia bangga memilih pekerjaan menjual ini
3.     Dia memiliki standar etika yang tinggi
4.    Terampil dalam pekerjaannya
5.     Memiliki pengetahuan
6.     Benar bila berjanji
7.     Dia tidak ketinggalan jaman karena selalu belajar
8.     Dia memelihara keutuhan pribadinya dan kemerdekaannya
9.     Dia mengetahui bahwa pekerjaan menjual artinya melayani

Keuntungan bila seseorang terjun ke dalam bidang profesi penjualan :
1.    Akan  memperoleh gaji / penghasilan yang cukup tinggi dibandingkan dengan orang – orang yang menerima  upah gaji tetap.
2.     Memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berkembang, dibandingkan dengan pegawai tetap pada umumnya
3.     Memiliki kesempatan mengadakan tour ke berbagai daerah dan ini akan menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman bergaul dengan banyak orang dari  segala lapisan.
4.    Rasa bangga akan pekerjaannya dan lebih bebas, tidak selalu bekerja di bawah seorang mandor seperti dalam pabrik.
5.     Pribadinya dapat berkembang, karena banyak mendapat ide ide baru dari hasil interelasinya dengan orang lain.
6.     Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi karena sudah terlatih
Kelemahan bila seseorang terjun ke dalam bidang profesi penjualan :
1.    Kurang waktu tinggal di rumah, karena seorang penjual banyak bepergian ke luar daerah
2.     Kurang kekuasaan, karena segala kegiatan yang dilakukan sudah ditetapkan oleh perusahaan
3.     Monoton, pekerjaan bisa membosankan karena hari – hari yang dilakukan tidak ada perubahan

Penjual sebagai Artist dan Scientist
Seni diartikan sebagai suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian. Orang yang ahli melakukan keiatan tertentu sehingga mendapat pengakuan dari masyarakat atau lingkungan disebut “ JENI “ . Ia dapat melakukan keahliannya dengan baik, mempunyai keistimewaan dari yang lain dan dapat mengambangkannya sehingga ia mempunyai pribadi yang besar. Maka orang yang demikian disebut Self Made Man. Ia menjadi orang yang penting, disegani dan luwes dalam pergaulan dan dalam menjalankan tugasnya.

Objek Ilmu Menjual
Adapun yang menjadi objek penjualan adalah :
1.    Diri Penjual
2.     Barang yang akan dijual
3.     Keadaan pembeli atau langganan

Politik dan Hukum Penjualan
a.    Politik dan penjualan
Politik penjualan merupakan suatu cara atau siasat untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan penjualan. Dalam menjalankan politik penjualan harus berdasarkan ilmu dan seni.
b.   Hukum Penjualan
Urutan hukum penjualan sebagai berikut :
1.    Tiap manusia adalah penjual
2.    Jual beli merupakan pertukaran antara dua jenis barang atau jasa
3.    Orang mau menjual sesuatu karena didorong oleh keuntungan dan kepuasn yang akan diperoleh dari hasil penjualan itu.

Cara – cara Menemui dan Mempengaruhi Calon Pembeli
Adapun beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengadakan kontak dengan calon pembeli, yaitu :
1.    Datang sendiri dengan memperkenalkan diri
2.     Dengan perantara orang lain
3.     Dengan perantara surat
4.     Dengan perantara telepon
5.     Melalui organisasi atau perkumpulan

Cara Menghadapi Pembeli
a.  Menciptakan suasana yang menyenangkan.
1       1.     Buatlah suasana persahabatan yang intim
  1.  Besarkanlah perasaan hati konsumen agr merasa dirinya itu adalah orang yang penting
  2.  Tanamkanlah kepercayaan pada dirinya agar ia mempunyai ilham atau inspirasi/ pikiran
  3.  Berikanlah jalan untuk mempermudah pembeli dalam menentukan keputusannya
b.  Mengadakan pendekatan terhadap pembeli
Cara – cara untuk mengadakan pendekatan terhadap pembeli yang dapat dilakukan oleh seorang pramuniaga :
1       1.    Memberi salam
  1.  Menunggu sejenak
  2.  Pendekatan dagang
  3.  Dengan  menaruh perhatian
Cara untuk Memperoleh Perhatian Pembeli
1       1.    Penjual harus segera memulai pembicaraan 
  1. Penjual harus sanggup menjawab atau menjelaskan apa yang tersimpan di dalam hatinya.
  2. Penjual harus dapat membangkitkan rasa melihat dan mendengarkan
  3.  Mendemonstrasikan barang yang akan dijual
  4.  Penjual tidak boleh bosan -  bosan melayani dan selalu siap setiap saat.

Perhatian menjadi minat pembeli merupakan tingkat kedua dalam proses pendekatan penjualan. Perlu diingat proses pendekatan berikut ini :
1      1.    Perhatian pembeli hanya bersifat sementara
2      2.    Perhatian perlu dijaga supaya cukup lama sehingga berubah menjadi minat untuk   
            membeli
3      3.    Adanya perhatian yang memusat sangat diperlukan untuk membangkitkan minat untuk
            membeli
4      4.    Mendorong Keinginan Membeli 

Pembeli pada umumnya mengambil keputusan karena didorong oleh:
1       1.     Untung yang akan diperoleh bila ia memiliki  barang tersebut
  1.  Akan menyenangkan dan memberi kenikmatan
  2.  Akan menyehatkan dan menyelamatkan dalam   hidupnya
  3. Akan meninggikan harga dirinya untuk     mendapatkan           penghormatan atau pujian orang lain
  4. Akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri

Prinsip The Customer is King
Di bawah ini dikemukakan 11 pernyataan yang harus dipelajari oleh penjual dalam prinsip the customer is king, yaitu :
1.    Pembeli adalahorang yang penting dalam dunia usaha
2.    Pembeli tidak bergantung pada kita, justru kita tergantungpadanya
3.    Pembeli bukan penganggu terhadap pekerjaan kita, tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha
4.    Pembeli berbuat kepada kita sebagai suatu hal yang menyenangkan, janganlah kita berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan
5.    Pembeli adalah sebagian dari usaha dan kegiatan kita
6.    Pembeli bukanlah sebuah benda yang beku, melainkan seseorang manusia yang berdarah daging dengan perasaan dan emosinya, seperti diri kita
7.    Pembeli bukanlah lawan berdebat, tetapi kawan – kawan yang bersahabat
8.     Pembeli seorang yang membawa kebutuhan kepada kita dan merupakan pekerjaan kita untuk memenuhinya
9.     Pembeli adalah orang yang harus dilayani dan dimengerti dengan penuh perhatian
10. Pembeli adalah orang yang  memungkinkan membuat  keuntungan bagi pendapatan kita
11.  Pembeli adalah jiwa penghidupan bagi dunia usaha 

Sifat – Sifat Penjual yang Disegani Pembeli
Para penjual perlu memiliki sifat – sifat yang baik. Sifat – sifat penjual yang baik menurut pembeli adalah :
1.    Jujur dalam informasi
2.     Pengetahuan yang baik tentang barang
3.     Tahu kebutuhan konsumen
4.    Pribadi yang menarik

Beberapa Tipe Pembeli
1.    The decide customer
2.     The know it all customers
3.     The deliberate customers
4.     The undecided customers
5.     The talkative customers
6.     The silent timid customers
7.     The decided but mistaken customers
8.     The I get discount customers

Mengatasi Keberatan Pembeli
Hal yang diperlukan dalam mengatasi keberatan calon pembeli ialah :
1.    Ajaklah calon pembeli berbicara
2.     Jangan hanya penjual sendiri yang berbicara
3.     Terimalah dan dengarkanlah segala keberatan dan keluhannya dengan senang hati
4.     Kemudian ajukan beberapa pertanyaan dan pengaruhi dengan anjuran atau tawarkan barang jenis lain sebagai alternatif pengganti

Beberapa Cara Praktis Mengatasi Keberatan – keberatan yang Diajukan oleh Calon Pembeli
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi persoalan ini sebagai berikut :
1.    Penjual harus mengetahui lebih dulu, berupa apa saja keberatan yang diajukan
2.     Dengarkan baik – baik segala keberatan yang diajukan dan jangan memotong pembicaraan calon pembeli
3.     Ulangi keberatan yang dikemukakan calon pembeli tadi secara pelan – pelan, tetapi yakin bahwa segala keberatan itu dapat diatasi

Sifat yang Perlu Dimiliki Penjual
1.    Selalu gembira
2.     Lurus hati dan disiplin
3.     Bijaksana
4.     Sopan Santun
5.     Periang
6.     Mudah bergaul
7.     Penuh inisiatif
8.     Tidak putus asa
9.     Ketajaman daya ingatan
10.  Penuh perhatian

Syarat Fisik Penjual
1.    Kesehatan
2.     Badan tegap
3.     Mudah tersenyum
4.     Lancar berbicara
5.     Muka riang dan peramah
6.     Mata jernih
7.     Napas bersih
8.     Pakaian rapih, bersih, dan pantas

Syarat Mental dan Karakter Penjual
1.    Seksama
2.     Waspada
3.     Simpati
4.     Berinisiatif
5.     Berkeahlian
6.     Optimis
7.     Percaya diri
8.    Jujur
9.    Berani
10. Mempunyai daya imajinasi
11. Tanggungjawab
12. Kontrol.

Syarat – syarat Sosial Penjual
1.    Pandai bergaul
2.     Lancar berbicara
3.     Sopan santun
4.     Bijaksana
5.     Halus budi pekerti
6.     Toleran
7.     Simpati
8.     Sikap mau bekerja, dan
9.     Tenang dan tabah

Mengapa Ada Penjual yang Gagal
1.    Kurang inisiatif
2.     Tidak membuat rencana dan organnisasi yang kurang baik
3.     Tidak memiliki pengetahuan tentang barang produksi
4.     Kurang sungguh – sungguh
5.    Penjual tidak berorientasi pada langganan
6.     Kurangnya latihan yang memadai
7.     Kurang luwes dalam mengikuti keinginan pembeli
8.     Tidak mempunyai pengetahuan pasar
9.    Kurang mengetahui pengetahuan perusahaan
10.  Karir penjual kurang menguntungkan
11.  Tidak memiliki pengalaman   menjual
12.  Kurang disiplin
13. Kurang menaruh perhatian pada perkembangan / masa      depan dengan pribadinya
14.  Bekerja tidak dengan penuh perhatian
15.  Kegaglan dalam mengikuti instruksi
16.  Kurang percaya pada diri sendiri
17. Tak cakap dalam mengarahkan dan membimbing pembeli ke arah pembelian
18.  Tak pandai berbicara
19.  Kurang daya imajinasi
20.  Banyak terpengaruh tentang persoalan pribadi
21.  Kesukaran dalam mengadakan komunikasi
22. Kurang bijaksana
23. Sikap tidak meyakinkan
24. Kegagalan mengatasi keberatan yang diajukan pembeli
25. Kurang sopan dan kurang ramah
26.  Suka berjudi dan minuman keras
27. Banyak melamun
28.  Sering terganggu kesehatan dan selalu mengeluh 

Thank You
“ GOOD BYE “

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana arti pendidikan bagi anda?